TENUN TROSO

SEJARAH SINGKAT TENUN IKAT TROSO

       Desa Troso Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara adalah merupakan sentra kerajinan Tenun Ikat dan merupakan unggulan Kabupaten Jepara setelahindustri mebel. Desa ini terletak sekitar 15km arah tenggara kota jepara.

        Ketrampilan membuat Tenun Ikat sudah dimiliki oleh warga Desa Troso sejak tahun 1935, bermula dari alat Tenun gedog warisan turun temurun yang kemudian sekitar tahun 1943 mulai berkembang alat tenun pancal dan kemudian tahun 1946 beralih mmenjadi alat tenun bukan mesin (ATMB) hingga sekarang.

        Dengan masuknya inovasi baru berupa desain-desain baru dari para perancang mode yang mudah di resap oleh para pengrajin , membuat tenun ikat troso melecit menggungguli tenun ikat daerah lain dan dalam setiap kesempatan para pengusaha tenun ikat troso senantiasa di ajak dan di dorong untuk mengikuti berbagai macam pameran, baik dilakukan didalammaupun luar negri. Memang untuk merambah pasar internasional para pengusaha maasih mengandalkan pintu pasar Bali,dan beberapa kota sepertu Yogyakarta, Jakarta, Solo, dan Pekalongan . Bahkan sebagian besar produk tenun ikat bali yang diekspor adalah buah tangan masyarakat Desa Troso. Angin segar dari Gubernur jawa tengah dan Bupati jepara melalui pemakaian seragam hasil produksi local bagi PNS dilingkungan Pemerintah Kabupaten Jepara dan Povinsi Jawa Tengah juga turut membawa para pengusaha Tenun Ikat Troso ini meraih kesuksesan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s